Kontrak sosial (politik) JTC

jtcPada kesempatan launching JTC dilakukan pernyataan mengenai sikap sosial politik yang akan diambil dalam langkah organisasi kepemudaan ini. Salah satunya dengan melakukan kontrak sosial dengan PKS. Tentu saja ini berdasarkan kajian ilmiah tim HRD/RnD JTC yang melihat bahwa PKS merupakan partai yang konsisten dengan pemberantasan korupsi dan berusaha untuk melakukan regenerasi kepemimpinan. Selama PKS konsisten terhadap hal tersebut maka JTC akan bersama dalam membangun Kulon Progo dan meningkatkan kemampuan pemuda Kulon Progo. Ganbatten ne!!!

Tapi apa yang dimaksud kontrak sosial/politik itu? Rizki saputro menjelaskan bahwa teori kontrak sosial berkembang dan dipengaruhi oleh pemikiran Jaman Pencerahan (Enlightenment) yang ditandai dengan rasionalisme, realisme, dan humanisme, yang menempatkan manusia sebagai pusat gerak dunia. Pemikiran bahwa manusia adalah sumber kewenangan secara jelas menunjukkan kepercayaan terhadap manusia untuk mengelola dan mengatasi kehidupan politik dan bernegara. Dalam perspektif kesejarahan, Jaman Pencerahan ini adalah koreksi atau reaksi atas jaman sebelumnya, yaitu Jaman Pertengahan. Walau pun begitu, pemikiran-pemikiran yang muncul di Jaman Pencerahan tidaklah semuanya baru. Seperti telah disinggung di atas, teori kontrak sosial yang berkembang pada Jaman Pencerahan ternyata secara samar-samar telah diisyaratkan oleh pemikir-pemikir jaman-jaman sebelumnya seperti Kongfucu dan Aquinas. Yang jelas adalah bahwa pada Jaman Pencerahan ini unsur-unsur pemikiran liberal kemanusiaan dijadikan dasar utama alur pemikiran.

Salah satu faktor penyebab perbedaan itu adalah latarbelakang pribadi dan kepentingan masing-masing. Secara ringkas bisa disebutkan bahwa Hobbes (1588-1679) hidup pada kondisi negaranya sedang kacau balau karena Perang Saudara; bahwa Hobbes menginginkan negaranya stabil dan Hobbes mempunyai ikatan karier dan politik dengan kalangan kerajaan, sehingga dalam persaingan kerajaan versus parlemen Hobbes memihak kerajaan dan antiparlemen yang dianggap sumber utama perang saudara.

Locke hidup (1632-1704) setengah abad lebih muda daripada Hobbes. Secara ringkas bisa disebutkan bahwa Locke merasa hidup di tengah-tengah kekuasaan kerajaan despotik; bahwa Locke mendapat pengaruh dari semangat liberalisme yang sedang bergelora di Eropa pada waktu itu; dan bahwa Locke mempunyai ikatan karier dan politik dengan kalangan parlemen yang sedang bersaing dengan kerajaan, sehingga Locke cenderung memihak parelemen dan menentang kekuasaan raja.

Sedangkan Rousseau (1712-1778) hidup dalam abad berbeda dan negara berbeda pula. Secara ringkas bisa disebutkan bahwa Rousseau berasal dari kalangan biasa yang merasakan kesewenang-wenangan kerajaan; dan bahwa Rousseau mengilhami dan terlibat dalam Revolusi Perancis.Dalam membangun teori kontrak sosial, hobbes, Locke dan Rousseau memulai dengan konsep kodrat manusia, kemudian konsep-konsep kondisi alamiah, hak alamiah dan hukum alamiah. [ANK dan berbagai sumber]

3 Responses to Kontrak sosial (politik) JTC

  1. rizki saputro says:

    Mohon diralat. Itu bukan menurut saya, tetapi menurut penulis aslinya, Pak I. Basis Susilo, MA (Dekan FISIP UNAIR). Terima kasih sudah mencantumkan sumber tulisan Anda 🙂

  2. ada deh says:

    kok temen-temen SMA di KP masih sepi-sepi aja ya…
    apa karena sibuk persiapan ujian…ya, husnudzan aja.
    semangat pelajar KP, harapan itu masih ada!!!

  3. Anak Casello says:

    Wah mas JTC kok politik sih…
    Tapi emang dah mantep ama PKS ya,,,
    Alasannya apa?
    Setau saya, emang sih PKS masih paling OK (g’ korupsi, orang2nya baek2) semoga JTC g’ salah.
    Selama JTC n PKS masih lurus2 aja saya dukung dengan sepenuh hati.
    Anak2 KP, terutama Casello, ayo mantepkan ati dukung JTC n PKS.
    NB: Boleh jadi anggota JTC ato muda-mudinya PKS g’? Bls ya…

Leave a comment